Jumat, 06 Juli 2012

negara bahagia, negara dermawan

negara bahagia, negara dermawan
ada artikel menarik yg kubaca jumat sore2 begini: tentang world giving index. maksutnya, indeks kedermawanan negara2 di dunia. indeks ini mengkalkulasi 3 hal: memberi uang, memberi waktu (jadi relawan), dan menolong orang asing (perbuatan sehari2).

banyak fakta menarik. 

pertama, tentang negara2 yg top 10 dalam hal giving. merekalah negara2 yg bahagia dan sejahtera (laporan ini juga menunjukkan grafik korelasinya). bukan cuma banyak duit aja loh. berikut ini rankingnya (sebagian ada ranking bersama, sehingga ranking berikutnya kosong):

1: australi & new zealand 
3: kanada & irlandia
5: amrik & swiss
7: belanda
8: inggris & sri lanka
10: austria

saat ini, diriku sebagai penduduk di negri ranking 7, merasakan benar2 bahwa memang susah mencari "target" untuk berderma, bahkan utk berderma non-duit pun. waktu aku sempat berpikir mau ikut help portrait, setelah sempat ngubrul sama beberapa fotografer lokal yg kutemui online, rada ribet juga dan akhirnya rencana tahun 2010 gagal. lain dengan peserta2 help portrait di negara2 lain yg bisa dengan mudah pergi ke suatu tempat dan menemui wajah2 nyengir karena dipotret (kenarsisan akibat kurang perhatian dikombinasikan dgn kebahagiaan diperlakukan bak model & dikasih foto gratis pula). di sini boro2, yg dipotret malah minta bayaran dari fotografernya! :p

ya maklum, di sini gak ada pengemis. walaupun masih ada gelandangan dan copet sih, tapi itu bukan karena gak bisa hidup, melainkan karena pilihan. yg jelas gak seperti kisah negeri tetangga yg ibukotanya bisa dicapai dgn 5jam ngebut di jalan tol super halus dari kotaku (negeri itu ranking 91 dong).

tapi memang pada faktanya orang2 sini hobi ngasih duit ke penduduk negeri lain. bukan saja pemerintahnya yg ngasih beasiswa 150 orang indonesia per tahun (belum lagi ke penduduk negeri lain), lalu ada universitas yg kirim dokter ptt ke negara2 afrika dan sebagian kecil ke indonesia (belum lagi universitas2 lain), juga perorangan yg bisa dengan mudah pakai transfer bank online ke badan2 sosial di dunia mulai dari urusan aids, kelaparan, anak2, sampai korban bencana.

yak sudah cukup berbicara tentang negeri yg kutinggali ini. gimana dengan negeri kita?

bangga dong, indonesia ranking 50! paling tidak kan lebih tinggi rankingnya dari negeri eropa yg kusebut di atas itu!

dan lebih bangga lagi, walaupun negara kita rada2 miskin dibanding negara2 tetangga kita, ternyata oh ternyata, malaysia bercokol di ranking 76 dan singapore di ranking 91. negara2 yg seharusnya lebih makmur, tapi ternyata tidak sedermawan indonesia.


paling tidak, ini sebagai pertanda kalau bibit2 membantu orang lain masih cukup besar di negara kita. ini persentase orang indonesia yg ngasih duit, jadi relawan, dan bantu orang asing sehari2 (tabelnya). orang indonesia lumayan mantab utk urusan bantu orang yg tidak dikenal.


mau coba ngintip negara2 minyak di timur tengah sono? sama saja. duit tidak menjamin orang berderma. kebahagiaan masih memegang peran. lihat itu negara yg katanya super kaya raja minyak dan didatangi banyak turis tiap tahunnya pun rankingnya di bawah indonesia.


aku jadi ingat dengan indeks kebahagiaan di dunia, di mana indonesia juga lumayan di tengah2. artinya, orang indonesia cukup bahagia. kelebihannya orang indonesia adalah doyan humor, lucu2an, doyan nyengir & senyum (buat org sini aneh loh aku suka senyum2 gak jelas :p). itulah yg membikin tetap bahagia. jangan lupa, gerakan bibir yg tersenyum itu bisa ngaruh ke mental loh (aku udah nyoba sendiri, dan juga kata bapak yg nulis ttg buku happiness).

yuk, mari kita tetap tersenyum dan bercanda. mari kita tetap membuka hati menolong orang lain (tak peduli pemerintah nyebelin). ntar kalo duit kita udah banyak, semoga menolong orangnya makin banyak yah, seperti penduduk negeri top-10 di atas? :)

jangan sampai kita seperti negara2 asia yg sudah mendahului kita secara ekonomi. yg katanya kaya, maju, rajin membangun, dll tapi hmm.. lupa berbagi? atau tidak bahagia? 


buat renungan, yah! ^_____^

Selengkapnya silakan lihat disini : 
https://www.cafonline.org/pdf/WorldGivingIndex28092010Print.pdf


Sumber : http://onit.multiply.com/journal/item/797/negara-bahagia-negara-dermawan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar